Cara Sukses Berjualan Online
Nah, simak
empat tip berikut ini agar Anda dapat sukses berbisnis via kios online
yang Anda miliki.
1. Perhatikan musim.
1. Perhatikan musim.
Coba amati, setiap hari raya Idul Adha tumbuh bak jamur para
pedagang hewan kurban. Mereka ada yang memang dari sononya pedagang
hewan, namun lebih banyak lagi yang berstatus pedagang dadakan. Memanfaatkan
musim atau momen tertentu merupakan salah satu peluang cerdas untuk sukses
dalam berjualan online – dan non online. Itu sebabnya dari jauh-jauh hari Anda
harus sudah bisa memprediksi dan mempersiapkan jenis barang yang hendak dijual.
Buatlah rencana setahun, lalu cari tahu ada momen apa saja di sepanjang tahun,
dan carilah barang yang kiranya pas untuk dijual sesuai momen.
2. Perbanyak jenis barang.
2. Perbanyak jenis barang.
Ini adalah permainan statistik. Semakin banyak jenis barang
yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan barang akan terjual. Probabilitas
100 jenis barang terjual, lebih besar ketimbang hanya 50 jenis barang. Dikombinasikan
dengan musim, hal ini akan sangat manjur mendongkrak kesuksesan berjualan
online Anda.
3. Strategi harga.
3. Strategi harga.
Berikan harga yang fair dan kompetitif. Maksudnya, tidak
saja barang-barang yang Anda jual memiliki kualitas tinggi, terdeskripsikan
dengan baik serta didukung foto-foto yang detil – lengkap dengan pembanding
ukuran, tapi juga harus didukung dengan harga yang tepat agar Anda sukses
berjualan online. Untuk itu Anda wajib melakukan riset untuk membandingkan
harga. Anda tentu tak perlu menjadi yang termurah, tapi yang terpenting pembeli
harus teryakinkan bahwa pelayanan Anda sempurna dengan kualitas yang terjaga.
4. Sentuhan pribadi.
4. Sentuhan pribadi.
Apa yang membuat Anda nyaman berbelanja di toko A ketimbang
di toko B, padahal harganya sama? Apakah suasana? Pelayanannya? Bila iya, hal
itu berkaitan dengan apa yang disebut dengan sentuhan pribadi. Sama dengan kios
nyata, kios virtual juga dapat menyajikan sentuhan pribadi untuk memberikan
pelayanan lebih kepada pelanggan agar sukses berjualan online. Misalnya, Anda dapat
memberikan kemasan yang baik dan aman ketimbang hanya membungkus barang yang
dipesan pelanggan ala kadarnya. Sertakan juga kartu ucapan terima kasih telah
menjadi pelanggan, atau bahkan rajin mengirim kartu ucapan selamat ulang tahun
– dalam bentuk e-card sekalipun, akan membuat kios virtual Anda semakin dekat
di hati pelanggan. Anda juga dapat meletakkan dua kartu nama – satu untuk
disimpan pelanggan, satu untuk pelanggan berikan kepada teman mereka. Usahakan
sentuhan pribadi ini tetap dalam bujet yang minim, tapi memiliki impact kuat
bagi pelanggan. (Antono Purnomo)
Terima kasih,
0 komentar:
Posting Komentar